Penjelasan Propolis

propolis

Propolis Produk Lebah Ajaib

Oleh : Rokim A Karim S.Si

Petikan dari Al-Qur’an Surat An-Nahl, Ayat 68 dan 69,

68 : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada Lebah : “ Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia”

69 : “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu), dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan (berbagai penyakit) bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan”

Propolis adalah produk kesehatan alami dan ilmiah yang terbuat dari resin lebah, bahan berstruktur kimia yang paling pen-ting terdapat dalam Propolis adalah Bioflavonoid, bioflavonoid adalahSuper antioksidan yang dapat mendegradasi radikal bebas yang disebabkan oleh : polusi udara, tanah, air, bahan pengawet, perasa, pewarna. Rahasia yang terkandung dalam bioflavonoid Propolis adalah kemampuan kerjanya dalam tubuh yang setara dengan kemampuan kerja 500 buah jeruk.

Dari hasil penelitian, diantara 8 juta jenis serangga, hanya lebah yang memiliki zat imunitas yang sulit ditembus bakteri. Zat imunitas ini dikumpulkan lebah dari tumbuh-tumbuhan, saripati bunga dan unsur alami lain, setelah diolah oleh tubuh lebah, maka jadilah resin lebah, lilin lebah dan cairan yang kemudian dikenal sebagai propolis. Propolis mengandung 300 elemen aktif termasuk 19 bahan berstruktur kimia. Diantaranya terdapat 16 jenis asam amino, 13 mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Oleh sebagian besar pengguna, Propolis diberi julukan “PENYEMBUH SAPU JAGAD”, karena kemampuannya yang dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit dengan cara : memperbaiki fungsi organ tubuh

Tahun 1963, seekor tikus telah dijumpai mati di dalam sebuah sarang lebah dan selama 5 tahun tidak membusuk. Ini terjadi karena bangkai tikus tersebut di selimuti oleh propolis, hal ini membuktikan bahwa sarang lebah bebas bakteri dan bebas virus.

• Tahun 1968, seorang peneliti Perancis bernama Dr.Remy Chauvint mengesahkan bahwa : • Propolis mengandung mineral dan vitamin lengkap. • Propolis merupakan “antibiotik” alami. • 100 % dapat membunuh bakteri dan virus. • tidak ada efek samping dari penggunaannya. • Menurut kajian Leningrad Scientific Conference tentangAplication of Apliculture (Budidaya Lebah), Propolis sangat kaya akan vitamin A dan B1. Propolis mengandung semua vitamin (Kecuali Vit K) dan 14 jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Berikut ini adalah sebagian komposisi yang terkandung di dalamPropolis :

¤ Vitamin A (Carotenoids), (Betacaroten / Pro Vit. A) ¤ Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Roboflavin) ¤ Vitamin B3 (Niacimaide),Vitamin B5 (Pan Tothenic Acid) ¤ Vitamin B6 (Pyridoxine),Vitamin B12 (Cobalamin) ¤ Vitamin C, Vitamin D,Vitamin E, Vitamin H (Biotin) ¤ Vitamin P (Bioflavonoids) ¤ Albumin, Calcium, Magnesium, Iron, Silica, Potassium, Phosphorus, Manganese, Cobalt, Copper.¤ Organic acids : Benzonic acid, Cinnamic Acis, Caffeid Acid, Ferulic Acid, Isoferulic acid, Sinapic acid ¤ Polyphenols : 27.500 ¤ Flavones : Apigenin, Chysin, Luteolin, Tectochrysin. ¤ Flavonols : Isosakuranetin, Pinobanksin, Pinocembrin. ¤ Enzim, hormone ¤ Anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti oksidant, anti implammatory dan anti biotic.¤ flavonoid betulene dan insovanilin.¤ Chalcones, Dihydrochalcones ¤ Asam Aliphatic rantai panjang dan ester lainnya ¤ Minyak volatile dan ester berantai pendek lainnya ¤ Asam Aromatik dan ester lainnya ¤ Asam Benzoic dan turunannya ¤ Aldehid ¤ Asam Cinnamic dan derivatnya ¤ Asam-asam lainnya dan derivatnya ¤ Ketones ¤ Phenols dan berbagai campuran aromatic ¤ Terpene, sesquiterpene ¤ Terpenoids dan campuran lainnya ¤ Sesquiterpenes and triterpene hydrocarbons ¤ Volatile dan campurannya ¤ Berbagai Hydrocarbon ¤ Berbagai Aliphatic hydrocarbon ¤ Sterols and steroid hydrocarbons ¤ Gula ¤ Lactones ¤ Alfa and Beta – amylases ¤ Berbagai Asam Amino ¤ Derivat Asam nucleic ¤ Berbagai Mineral ¤ Transhydrogenase anaerob ¤ H+donor substances ¤ Unsur-unsur yang tidak dapat larut dalam pelarut organic.

Beberapa contoh penyakit yang dapat diterapi dengan Propolis

KEPALA :Sakit kepala, migrain, rambut rontok, insomnia, stress akibat tekanan kerja, rambut beruban, ketombe, mata merah, infeksi mata, infeksi hidung, sakit kerongkongan dan tenggorokan, infeksi telinga, gusi berdarah, sakit gigi, tumor otak, stroke, gangguan syaraf dan gagap, sinusitis, katarak, telinga bernanah, epilepsi, dan sebagainya.

BADAN:Kesuburan, keracunan, batu ginjal ,ketergantungan narkoba, dan rokok, kena bisa hewan berbisa, rabies, kencing manis, kencing tidak lancar, Ketegangan bahu, kegemukkan, rematik, pegal linu, lemah, letih dan lesu, asam urat, TBC, sakit paru-paru, asma, sesak nafas, tuberkulosis (batuk kering), batuk berdahak, demam, masalah jantung, hati, buah pinggang, sistem percernaan, masalah hati dan limpa, kolon, perut, ulser, wasir, fibroid, sembelit, Sindrom Pra-haid (PMS), sakit belakang, flu , kekejangan, saraf, tekanan darah tinggi/rendah, diabetes, kanker, sendi, kolesterol, menambah nafsu makan, lupus, dan sebagainya.

KULIT: keriput, masalah kulit, luka kering/ mengelupas, bintik-bintik, cacar air, kutu air, bisul, jerawat hitam, eksim, panu, kadas, kurap, luka bedah, luka bakar, herpes, dan sebagainya.

Rahasia dalam Propolis

1. Khasiat Propolis Untuk manusia 1. 8000 tahun telah dikenal manusia 2. Penggunaannya sejak 400 SM 2. Mengapa Propolis mampu mengobati berbagai penyakit ?Penjelasannya, Karena Propolis a bekerja langsung di tempat sumber berkembang penyakit yaitu sel, oleh karena itu, selama sumber penyakit berada di dalam sel, maka propolis akan mampu melawannya dengan tuntas.

organ

TUBUH manusia terdiri atas berbagai SISTEM yang bekerja secara sinergis dan simultan hingga tubuh terkesan benar-benar satu, padahal di dalamnya merupakan sebuah mesin yang teramat rumit dan dengan tekonologi teramat canggih (contoh sistem ini antara lain : sekresi, pencernaan, pernafasan, syaraf,dll. sistem ini didukung oleh ORGAN TUBUH yang bekerja optimal pada fungsi masing-masing, jika satu organ tidak atau kurang bekerja optimal, maka system tubuh secara umum juga akan terganggu, jika kita telaah lebih detil pada setiap organ tubuh tersebut terdapat JARINGANTUBUH yang jumlah dan jenisnya jauh lebih beragam, penyusun jaringan yang paling kecil dikenal sebagai SEL, di sinilah tempat sumber penyakit (jamur, bakteri, virus,dll) berkembang biak, tubuh seseorang tersusun dari milyaran sel.

Cara Kerja Propolis :

Salah satu zat penyusun sel tubuh adalah Protein, Protein adalah zat yang paling cepat busuk / rusak oleh bakteri, virus atau jamur. Agar Protein dalam tubuh stabil, maka propolis akan:

• Membunuh atau menghambat penyebab kerusakan protein • Melindungi sel agar tahan terhadap serangan sumber penyakit • Memperbaiki sel yang telah rusak dengan cara : 1. Suplai nutrisi yang cukup 2. Memberi energi untuk revitalisasi.

Tips agar propolis cepat terasa khasiatnya :

1. Gunakan PROPOLIS langsung pada sumber penyakit. 2. astikan lingkungan di sekitar pasien Tertib, Bersih, Sehat dan Aman. 3. Sarankan pasien hal-hal berikut : Untuk berpuasa / diet khusus (Antoxicasi Proces), atau proses pembuangan racun. dan supaya Rileks atau tenang.

Saran Penggunaan PROPOLIS Untuk Berbagai Penyakit:

Propolis adalah Makanan Kesehatan Alami tetapi dapat dijadikan obat, Dosis di bawah ini bukan dosis mutlak, dapat ditambah atau di kurangi sesuai kondisi badan, disarikan dari para pengguna yang telah merasakan hasilnya pada dosis tersebut, sangat mungkin dosis untuk seseorang berbeda dengan orang lain.

• Mulailah dengan meneteskan 3 tetes Propolis kedalam ½ gelas air hangat (suam-suam kuku) (50 – 100 cc) dengan menggunakan gelas*) serta diaduk dengan sendok*) , minum 3 kali sehari (waktu yang baik adalah waktu bangun pagi, sebelum makan siang, dan ketika akan tidur malam) . Dosis dapat di tambah atau dikurangi tergantung kondisi badan. Lebih baik diminum dengan dikumur-kumur terlebih dahulu untuk memperkuat gigi dan mencegah sariawan.

• Untuk yang berusia di atas 65 tahun 1 tetes 4 kali sehari.

• Untuk bayi di bawah 1 tahun disarankan melalui ibunya (ASI).

• Untuk anak di bawah 3 tahun yang mengalami demam dan batuk, 4X sehari 1 tetes+teteskan di bawah lidah.

• Untuk penggunaan di luar tubuh (Jerawat, Bengkak, Eksim, Panu, Kadas, Kurap, dll), encerkan PROPOLIS pada sedikit air hangat lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Atau dapat diteteskan/dioleskan langsung jika kulit normal (Setelah melakukan Alergic Test).

• Untuk mengobati mata (Akibat katarak, diabetes, rabun, iritasi, minus, plus, dll), jika kronis(seperti buta) dapat diteteskan langsung pada mata. Untuk infeksi ringan, pada saat akan meminum propolis, sebelum diminum, sisakan cairan PROPOLIS pada eye bowl (tempat/gelas untuk membersihkan mata) lalu kedip-kedipkan mata pada cairan PROPOLIS tersebut sampai terasa perih, rasa perih akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat.

• Untuk masalah rambut (Rontok, Uban, Ketombe, dll), cuci rambut dengan keramas menggunakan shampoo, lalu beberapa (3) tetes PROPOLIS campurkan dg air hangat dan gunakan untuk mencuci rambut sambil dipijat hingga kulit kepala, lakukan sebelum tidur.

• Untuk masalah kecantikan, PROPOLIS dapat dicampurkan dengan berbagai jenis kosmetika atau masker lalu digunakan seperti biasa, atau gunakan selalu PROPOLIS cream sebagai alas kosmetik dan masalah kulit lainnya.

• Untuk masalah gigi terutama gigi berlubang, teteskan PROPOLIS pada sedikit kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit/berlubang, lebih baik teteskan langsung ke dalam lubang pada gigi.

• Untuk penyakit sinusitis, teteskan PROPOLIS pada kedua lubang hidung 1- 2 tetes lalu biarkan selama 5 menit sampai terasa perih, lebih baik lagi jika sebelum diminum, hirup aroma PROPOLIS sebagai aromaterapi.

• Untuk penyakit wasir, oleskan PROPOLIS di bagian yang terkena wasir 3x sehari, dibantu dengan diminum.

• Untuk ginjal, alergi, asma dan jantung 2-3 tetes / hari selama 1 bulan gunakan selama 2 bulan berturut-turut, selanjutnya dapat menggunakan patokan berapa tetes yang diminum berdasarkan bobot tubuh yaitu setiap 10 kg berat badan sebanyak 1 tetes 3 X sehari, khusus jantung di tambahkan dengan meneteskan PROPOLIS di bawah lidah.

• Untuk kanker dan lumpuh Jika berumur kurang dari 15 tahun, gunakan 15 tetes 3X sehari. Jika berumur lebih dari 15 tahun, gunakan 20 tetes 3X sehari, setelah pulih, gunakan 20 tetes 2X sehari, Untuk Tumor setengah dosis kanker.

• Untuk penderita kanker usus kronis, gunakan 20 tetes 3X sehari selama 7 hari,jika perkembangan positif gunakan terus hingga+ 6 bln.

• Untuk penderita Stroke dan Autisme, teteskan PROPOLIS di bawah lidah dan sempurnakan dengan meminumnya secara teratur, khusus untuk stroke 3 hari pertama 3 tetes 4X sehari, selanjutnya 2 tetes 4X sehari.

• Untuk Flek Paru / Bronhitis, 2tetes PROPOLIS 3X sehari dicampur susu.

• Anak umur 0 – 12 tahun, jika sehat 1- 2 tetes/hari, dan jika sakit 1tetes 3x perhari.

• Untuk yang Bermasalah dengan bobot badan: Untuk mengge-mukan, minum setelah makan dengan dosis 3tetes 3X sehari. Untuk mengkuruskan, minum sebelum makan dengan dosis 3 tetes 3X sehari, bisa di campur dengan madu, jagung rebus dan jeruk nipis.

• Untuk Wanita hamil di atas 5 bulan dapat meminum PROPOLIS sebagai tambahan energi dan membantu melancarkan persalinan serta memberi kecukupan nutrisi bayi sehingga meningkatkan daya imunitas terhadap penyakit, dosis normal 3 tetes 3X sehari.

• Untuk Amandel, usus buntu, diminum 5 tetes 3X sehari

• Untuk penyakit yang diakibatkan Virus Tokso, lakukan dengan memulai minum PROPOLIS 1 tetes 3X sehari untuk ibu yang baru melahirkan dan 1 tetes 1X sehari, untuk bayi yang tidak minum ASI campurkan dengan susu yang biasa di minum.

• Untuk Pasangan yang ingin punya keturunan disarankan keduanya mengkonsumsi PROPOLIS mulai dari 3 tetes 3X sehari, PROPOLIS akan bekerja untuk membersihkan rahim yang mungkin terdapat virus tertentu dan memperbaiki kualitas sperma dan sel telur pasangan suami-isteri.

• Untuk Maag, Darah tinggi, Darah rendah, minumlah PROPOLIS secara teratur mulai dari 3 tetes 3x sehari dan bisa dikurangi atau ditambah.

• Untuk Pekerja berat, Mudah lelah, hilang energi, minumlah Total Bee minimal 1 botol sehari, atau pada saat membutuhkan.

• Untuk menambah konsentrasi belajar, biasakan meminum PROPOLIS sebelum tidur, dapat dicampur dengan minuman yang disukai anak-anak / pelajar / Mahasiswa.

teknis minum pasien GD

Langkah-langkah penanganan pasien gawat darurat Contoh : Kecelakaan Lalulintas Luka Bakar ringan dan berat Step / Ayan Digigit anjing gila, Keracunan (Hewan berbisa, Serangga, Makanan), Tersiram air atau minyak panas, Tidak sadarkan diri akibat benturan, pingsan, Koma, Demam Berdarah, Terluka parah, baik luka luar atau dalam dll 1. Untuk semua kasus yang berhubungan dengan kulit, Oleskan Propolis (Langsung jika lukanya terbatas atau setelah diencerkan) pada bagian luka sesegera mungkin. 2. Di minumkan ke pasien sesaat setelah kejadian dengan dosis pertamakali 10 – 30 tetes, selanjutnya diberikan setiap 1 jam sekali @ 10 tetes sampai dengan jumlah total dosis setara berat badan pasien. 3. Disarankan PROPOLIS diminum bersamaan dengan minuman lain yang mengandung gula dan dapat menambah energi secara cepat seperti teh manis, madu, royal jelly, bee pollen,dll.

Tindak Balas setelah minum propolis dan Penyebabnya

Kemampuan Propolis dalam Terapi kesehatan, yaitu mampu mengeluarkan berbagai toksin atau racun dengan cepat dari dalam tubuh yang telah mengendap dalam jangka waktu yang lama. Untuk melihat reaksi Tubuh oleh Propolis, terjadi beberapa macam “Reaksi” sebagai kendali dari badan. Kita mengatakan kondisi tersebut sebagai “Tanggapan baik”. Atau Tindak Balas. Tindak Balas muncul untuk sementara waktu / sesaat dalam rangka proses peningkatan mutu kesehatan atau disebabkan kesehatan orang tersebut sedang mengalami masalah, Oleh karena itu tidak perlu cemas akan adanya tindak balas yang terjadi pasca mengkonsumsi Propolis, karena itu pertanda baik untuk kesehatan.

Tindak Balas yang terjadi pada seseorang akan berbeda dengan tindak balas pada orang lain. Sebagian orang merasakan dengan cepat sejak awal mengkonsumsi Propolis dan sebagian orang lagi tidak merasakan apapun sama sekali, hal ini bergantung pada keadaan dan kondisi Tubuh.

Gejala utama Tindak Balas oleh propolis : Menimbulkan rasa gatal kulit, sulit tidur, mengantuk, mata lengket, keluar ingus, demam ,Sakit perut, Kesemutan, sakit kepala. Jika Tindak Balas berlebih, turunkan dosis dan naikkan intensitasnya. Jenis Tindak Balas : 1. Tindak Balas Spontan, artinya propolis langsung ke sumber penyakit, tindak balas seperti ini seperti, demam, mengantuk, batuk berlebih, gatal, mual dll 2. Tindak Balas tertunda. Terkait dgn sistem peredaran darah, yang dipengaruhi oleh: Umur, Berat badan, Kondisi (Sakit atau Sehat),Kebal terhadap obat, fungsi peredaran darah dan Lama penyakit yang diderita.

Leave a Reply